Tuesday 22 May 2012

merubah 12v DC menjadi 230v AC

Skema Rangkaian Merubah Tegangan 12 Volt DC ke 230 Volt AC.


Untuk dapat menyalahkan lampu TL menggunakan batterai/aqqu, diperlukan sebuah inverter. Dengan inverter tersebut, tegangan 12 Volt DC dirubah menjadi 230 Volt AC.
Dalam kesempatan ini, saya mencoba mencontohkan alat inverter yang paling sederhana yang dapat kita buat sendiri.
Cara ini menghasilkan kurang lebih 300 Watt saja. Jika mau lebih, gunakan transistor diparalel dan diberi pendingin (heatsink) dan travonya beramper besar.
Perhatian:: HATI-HATI, TEGANGAN 220 VOLT CUKUP KUAT UNTUK MEMBUAT ANDA WAFAT.
Rangkaian di atas, bukan untuk pemula dibidang elektronika.
CATATAN:
Untuk mendapatkan Resistor 690 Ohm 1,5 Watt, dapat memparalel 3 buah resistor 2,200 Ohm 0,5 Watt. Jadi untuk keperluan diatas, diperlukan 6 buah resistor 2,200 Ohm 0,5 Watt.
alat yg di butuhkan
1. Trafo 12 Volt CT (antara 500 mA – 2 A).
2. Transistor 2N 3055 (2 buah + pendingin)
3 Resistor 690 Ohm 1,5 watt. (bisa juga dengan resistor 690 ohm 0,5 watt tapi 3 buah di paralel

2 comments:

Agus said...

gan saya mencoba membuatnya tapi belum maksilan 300 watt, saya coba hanya bisa menyalakan lampu 20 watt saja tapi kalau lampu watwat 2 buah tidak nyala kalau 1 lampu nyala. kesalahan ada di bagian apanya gan. saya pake travo 5amper tolong pencerahannya gan saya lagi belajar

Unknown said...

ya 20watt jga itu sdah cukup brooww wlpn bisa bakalan boros aki y

smps gacun on board

بسم الله الرحمن الرحيم anda ingin merangkai smps gacun yang double FET?kali ini saya ingin berbagi skema & layout smps gacun yg r...