Jumat, 20 Juli 2012

Tv lama anda yang sudah sering bolak-balik tukang servis sekarang bisa diganti mesin dengan mesin baru buatan cina.
Mesinbaru buatan cina ini rata-rata sudah multi system.Jadi tv lama anda yang tidak multi bisa berubah jadi multi.Untuk mengganti mesin tv lama dengan mesin baru pastikan bahwa tv lama masih bagus tabungnya.
untuk mengecek kondisi tabung secara visual adalah jika gambar masih fokus dan warnanya masih bagus.berarti tabung masih bisa dipergunakan.
biasanya komponen yang masih diperlukan dari tv lama seperti defleksi yoke (kumparan yang melilit di leher tabung) dan soket crt (soket di ujubg tabung). Untuk defleksi ketika kita membeli mesin tidak disertakan. sedangkan socket crt bawaan mesin baru kadang berbeda dengan tabung lama tv kita. Jadi masih mempergunakan socket yang lama.
Harga mesin cina dipasaran berkisar antara Rp 160.000- 250.000 tergantung inch tv dan fasilitas yang dimiliki. Oleh karena itu ketika membeli mesin disesuaikan dengan ukuran tv yang lama. Ketika membeli mesin pastikan remote, buku panduan dan data sheet mesin sudah tersedia dalam kardus mesin.
sebelum merakit sebaiknya dibaca buku petunjuk bawaan mesin. Langkah awal merakit adalah cari socket untuk colokan listrik ke pln. Biasanya dekat tulisan "ac in". selanjutnya adalah coba socket crt mesin cina ke tabung tv lama. Kalau tidak cocok ganti socket dari mesin dengan socket dari tv lama.
Masukan socket untuk spekear, socket defeleksi yoke (hati-hati tertukar), kabel merah yang besar untuk bagian horizontal. Masukan socket-socket untuk speaker dan tombol-tombol menu. lakukan penyolderan jika perlu. Disini dibutuhkan kreatifitas dan seni supaya tv rakitan enak dipandang.
Sebelum mencoba tv hasil rakitan pastikan kabel ground sudah disolder pada board (pcb) socket crt. Hati-hati jika kabel ground belum tersambung ke pcb terus tv dinyalakan akan mengakibatkan kerusakan pada mesin tv.Periksa titik-titik solderan dan bawah pcb mesin tv untuk menghindari terjadinya konsleting.
Jika sudah oke, tekan tombol power untuk mengetes tv rakitan. Jika gambar kurang lebar atau terlalu lebar kesamping, atur ulang bagian horizontal. Jika kurang atau lebihnya besar pindahkan socket defleksi
horizontal sampai diperoleh hasil yang pas. Setelah itu atur lagi melalui remot untuk lebih pas lagi.
Jika gambar kurang tinggi atau pendek atur ulang bagian vertikal size melalui remot. Cara pengaturan
melalui remot baca dibuku panduan. jika semua sudah oke, selamat anda sudah merakit tv sendiri, tv lama menjadi tv baru

Tidak ada komentar: