Kamis, 13 Desember 2012

BAGIAN LCD TV




1. Front Panel Display
Bila dibandingkan dengan TV CRT maka bagian Front Panel Display pada LCD adalah Flat panel nya yang pada umumnya saat ini digunakan yang berjenis TFT LCD. Walaupun banyak juga yang menggunakan teknologi Plasma.
Pada blok front panel display ini terdapat Backlight untuk menghasilkan cahaya putih di seluruh permukaan LCD. Diffuser yang berfungsi sebagai filter backlight, Back Polariser, susunan TFT LCD, Filter RGB dan Front Polariser.

Cara kerja Front panel display pada LCD kurang lebih, pada saat LCD mendapat tegangan maka molekul molekul kristal akan tersusun menjadi horizontal sehingga cahaya dari backlight dapat tembus ke lapisan depan LCD. Ini bisa terjadi karena LCD merupakan bahan molekul kristal yang sifatnya antara padat dan cair.

2. Backlight dan Inverter
Backlight ini merupakan bagian yang juga termasuk Front Panel Display. Inverter disini bukanlah bagian main power supply. Sering kita lihat pada bagian pinggir LCD jika kita bongkar akan terlihat seperti trafo trafo kecil, itulah inverter. Fungsinya adalah untuk mengubah tegangan DC 12V menjadi 1000 – 4000 VAC.

Karena display membutuhkan tegangan yang cukup besar supaya bisa menghasilkan cahaya yang terang. Backlight sendiri saat ini umum digunakan dengan type lampu LED.
3. TCON FRC Board / Matrix

Terdapat ribuan pixel / elemen LCD dan setiap pixel ini mempunyai satu transistor untuk bisa menyalakan / mematikan pixel tersebut.
Bagian TCON ini juga satu kesatuan dengan Bagian LCD Panel display, backlight dan inverter. Kita tahu pada CRT TV gambar dihasilkan ketika elektron yang dikontrol oleh Def. Yoke ditembakkan pada tabung CRT sehingga berpendar menghasilkan warna. Perbedaannya dengan LCD adalah cahaya ini dihasilkan dari setiap pixel yang ada pada LCD. Penyalaan pixel ini dikontrol oleh sebuah modul TCON atau FRC Board, modul inilah yang menentukan transistor mana yang aktif atau yang tidak aktif.
Pada modul TCON disediakan sebuah konektor yang memiliki pin yang banyak untuk dihubungkan ke main board. Biasanya modul ini ditutup alumunium untuk menghindari interferensi.

4. Main PCB / Main Board
Fungsi dari modul main board adalah untuk memproses semua sinyal baik itu audio maupun video yang ditangkap oleh tuner. Masih ingat dengan cara kerja TV CRT bukan, dimana gambar yang diproses oleh IC utama diumpankan ke sebuah rangkaian penguat Video RGB untuk kemudian diberikan langsung ke tabung CRT.


Pada modul utama ini terdapat tuner, analog to digital converter, mikrokontrol, menentukan input mana yang digunakan dan berbagai fungsi TV lainnya.

Berbeda dengan cara kerja TV CRT tadi, pada LCD terdapat proses untuk mengkonversi sinyal sinyal analog – video menjadi bentuk digital karena adanya ribuan transistor pixel yang dikontrol oleh modul TCON.




Pada modul utama ini terdapat tuner, analog to digital converter, mikrokontrol, menentukan input mana yang digunakan dan berbagai fungsi TV lainnya.

4. LVDS
LVDS merupakan kependekan dari Low Voltage Differential Signaling adalah sebuah teknologi yang digunakan pada LCD TV saat ini. LVDS bukanlah sebuah modul / rangkaian tetapi merupakan sebuah kabel konektor antara Video processor ke blok LCD Modul (TCON).
LVDS merupakan bagian yang penting pada LCD karena seperti yang kita tahu tingkat resolusi gambar LCD adalah cukup tinggi yang menyebabkan perlunya sebuah koneksi data yang memerlukan bandwith tinggi, kecepatan tinggi, arus rendah, serta merupakan kabel serial yang bisa mengurangi banyaknya konektor yang tersedia.
Kerusakan pada kabel – konektor LVDS menyebabkan gambar yang dihasilkan cacat, kurang atau bahkan tidak ada gambar sama sekali.
5. Scaler
Seperti dijelaskan pada bagian lcd artikel bagian 1 bahwa sinyal video dari main board LCD tidak bisa langsung ditampilkan ke bagian front panel display ini karena adanya perbedaan resolusi antara video yang dihasilkan rangkaian analog (tuner) dengan bagian panel display (digital).
Sehingga sinyal video RGB analog ini harus dikonversikan terlebih dahulu ke dalam bentuk digital, sirkuit yang berpersan dalam fungsi ini adalah Scaler.

Sinyal gambar, OSD, text yang biasa dihasilkan TV analog dimasukkan ke rangkaian analog to digital converter sedangkan outputnya merupakan LVDS transmitter.
6. Power Board / Power Supply LCD TV
Tidak perlu diragukan lagi pemakaian daya pada LCD TV mapun Plasma akan cukup besar dan tentunya dibutuhkan sebuah power board yang benar benar stabil dan tidak mudah terkena interferensi dari perangkat lain sehingga bisa kita lihat banyak sekali filter yang digunakan.

Tidak ada komentar: