Sabtu, 26 Mei 2012

STRUM IKAN

Rangkaian Setrum Ikan

Berikut ini adalah contoh simple dari rangkaian setrum ikan. Keberhasilan membuat setrum ikan ini terletak dari coil/lilitan yang anda buat, untuk itu di bagian bawah saya juga sertakan panduan cara membuat coil. namun untuk hasil yang lebih baik anda bisa mencoba-cobanya sendiri, dengan cara mengubah-ubah perbandingan jumlah llilitan atau besar kawat emailnya.

Pendukungnya antara lain accu 10Ah (2 accu lebih baik lagi), platina sebagai pemicu timbulnya tegangan, condensor untuk meredam percikan pada platina, saklar sebagai penghubung accu ke spool, stick dan jaring sebagai output, dan capasitor untuk filter output supaya tegangan bisa stabil.

jangan lupa setting platinanya, karena hal itu sangat berpengaruh pada hasil tegangan yang di hasilkan.
Rangkaian Setrum Ikan

Cara pembuatan coil setrum ikan adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan inti besi lunak, setelah itu dilapisi dengan prespan (plastik mika), atau bisa  juga menggunakan kertas semen.
  2. Gulung kawat email secara rapi tanpa celah pada besi lunak yang telah di lapisi sebelumnya, setelah nyampai ujung lapisi hasil gulungan ini dengan prespan dan gulung di atasnya kembali, ulangi proses ini sampai di dapat 3 lapis, dua ujung kawat tersebut akan menjadi terminal kumparan primer.
  3. Gulung dengan kawat email yang baru di atas lilitan primer yang telah anda buat sebelumnya, caranya sama namun jumlah lapisan di buat  sebanyak 5-6 lapis, kedua ujung kumparan akan menjadi terminal coil sekunder.
  4. Ukuran kawat email  ini akan mempengaruhi arus output, biasanya pada kumpara primer menggunakan email berdiameter 0,6mm dan email sekunder berdiameter 0,9mm. Untuk mengubah daya keluaran kita dapat mengubah dengan cara mengubah perbandingan jumlah kumparan primer dan sekunder serta diameter kawat email.

1 komentar:

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.