Jumat, 08 Juni 2012

MEMBUAT CHARGER BATTERAY SENDIRI


Buat Charger Baterai Kering Tipe Rechargeable


Kali ini saya akan membahas pengalaman saya bagaimana membuat charger baterai kering, seperti pada gambar dibawah ini dengan menggunakan charger hand phone. Penggunaan charger hand phone maksudnya agar lebih efisien efektip dan ekonomis. seperti kita tahu charger hand phone disetiap rumah pasti memeliki lebih dari 3-5 buah. jadi dari pada nganggur dan kena debu lebih baik dikaryakan menjadi charger baterai kering.
alasan kedua charger hp memiliki karakteristik nyaris sama dengan yang dibutuhkan untuk mengecas baterai kering. karakteristik charger hand phone adalah :
  • tegangan voltase antara  5 volt s/d 7 volt
  • arus listrik dc antara 200ma s/d  350ma (mili amper)
  • jadi sangat pas untuk mencas baterai kering
  • charger merk apapun dapat digunakan
peralatan yang dibutuhkan adalah charger hp nganggur dan satu buah box seharga Rp.2500 yang biasa dijual ditoko alat-alat elektronik seperti pada gambar dibawah ini :

sedangkan rangkaiannya sebagai berikut :
circuit ini mungkin yang pertama didunia,  jadi anda sangat beruntung jika membaca artikel ini, bagaimana membuatnya berikut ini langkah-langkahnya :
  • potong kabel charger hp, kemudian kupas isinya ada dua buah kabel yaitu  positip dan negatip.
  • untuk menentukan kabel positip dan negatip, gunakan voltmeter digital
  • setelah didapat kabel positip dan negatip kemudian sambungkan ke terminal box baterai merah untuk positip dan hitam untuk negatip
  • selesai
seberapa lama waktu pengecasan
sangat tergantung dari tipe baterai yang dicas misalkan tipe battery merk YX  tertulis capasitas battery 500 ma, jika dua buah baterai yang dicas jadi 1000 ma, jika diasumsikan arus listrik charger 250ma, maka dibutuhkan 4 jam waktu pengecasan.

bagi yang ingin membuat charger baterai kering  model lain,  berikut ini saya copy paste beberapa circuit yang sudah umum didunia maya.

 




 Circuit Battery charger menggunakan energy sinar matahari

















semoga info ini bermanfaat untuk anda,,,,,

Tidak ada komentar: