Tuesday 15 October 2013

12v dc to -+40v

 DC ke DC converter 12V untuk + /-40V 



Ini adalah DC untuk proyek converter DC untuk mengkonversi dari aki mobil 12V ke tegangan ganda +40 V Ground and-40V (Tersedia dari + /-27V, + /-30V, + /-30V, + /-50V sebagai pengaturan bagian) digunakan sebagai catu daya dari 50W-100W amplifier.
Bila Anda ingin meningkatkan amplifier mobil Anda. Pada dasarnya, ada 3 cara dalam desain power amplifier yang beroperasi dengan baterai mobil 12V.
Pertama, Cara termudah. Ini adalah dengan bekerja langsung dari 12V. Ini cara daya output maksimum dibatasi untuk mengayunkan tegangan pada output. Jika diasumsikan bahwa jatuh tegangan keluaran transistor dari 2V.dan daya maksimum yang tersedia saat beban 4 ohm adalah 3,2 W RMS saja. Jika menginginkan kekuatan yang lebih tinggi untuk harus mengurangi speaker impedansi rendah seperti 2 ohm akan memiliki tinggi RMS 6W.
Kedua, cara ini disebut bahwa "Jembatan amplifier" Dengan useuse amplifier dari 2 set, perbedaan fasa sinyal 180 derajat, ada speaker menghubungkan di antara output. The ayunan tegangan di speaker akan meningkat menjadi 2 kali lipat daya output adalah empat kali lebih tinggi, daya 12.5W output maksimum pada beban 4 ohm. Atau 25W pada beban 2 ohm.
Kekurangan ini harus menggunakan 2 amplifier bagian per channel dan daya output pengemudi terbatas.
Ketiga, Jika ingin Power di lebih tinggi dari Cara terbaik adalah dengan menggunakan rangkaian Meningkatkan tegangan yang lebih tinggi atau DC ke DC converter. Umumnya digunakan untuk meningkatkan tegangan 12V menjadi tegangan suplai ganda dalam puluhan volt sebagai persyaratan dari amplifier yang dapat digunakan dengan amplifier kopling langsung.
DC ke DC konverter untuk tegangan output 40V dari aki mobil 12V, untuk menyediakan daya yang cukup untuk 50-100 watt RMS amplifier stereo.
DC ke DC converter circuit diagram
DC ini ke DC converter bekerja dalam mode switching. Yang lebih tinggi dari metode lain. Tapi dalam jenis desain.Ada beberapa pertimbangan.
Sinyal suara: Karena frekuensi switching sirkuit Oleh karena itu, switching diperlukan lebih tinggi dari frekuensi audio range.In tempat ini menggunakan frekuensi 50kHz, di samping untuk efek yang baik dalam proses frekuensi tinggi kebisingan. Juga membuat Gunakan transformator lebih kecil.
Perangkat bertindak dalam switching. Pilih MOSFET DAYA. Alasan pertama MOSFET memiliki koefisien temperatur positif. Oleh karena itu dapat dihubungkan secara paralel secara langsung. Sehingga ada kenaikan daya yang lebih tinggi. Tanpa resistor dibagi saat ini. Yang mengakibatkan hilangnya resistensi dari boros.
Mengapa MOSFET kekuatan untuk menjalankan faster.Therefore adalah kehilangan rendah dan efisiensi yang tinggi. Dan keandalan yang lebih baik. Dan alasan terakhir adalah daya mosfet mudah digunakan. Karena perangkat MOSFET spesies trans-konduktansi adalah mengendalikan saat ini dengan kontrol tegangan mengalir di gerbang dapat menghubungkan gerbang langsung dengan sirkuit daya rendah. Berbeda dengan transistor bipolar., Yang harus mengontrol dengan arus di dasar yang diperlukan harus menggunakan transistor preamp sebelumnya.
Masalah stabilitas di CAR baterai memberikan perubahan tegangan. Cukup lebar yang Mungkin lebih rendah dari 11V sampai 15V. Dalam beberapa kasus adalah mungkin untuk mengubah tegangan + - 15% dari rata-rata.Perubahan ini tidak akan mempengaruhi tegangan output dari rangkaian.
Fitur sirkuit.
Ini switch-mode power supply atau DC ke DC converter memberikan daya output yang cukup. Untuk power amplifier 50W 2 pcs. Para 15A arus maksimum (biasanya pada 1-2A). Ada cut off bekerja ketika tegangan baterai rendah. Untuk melindungi kegagalan daya baterai tidak dapat memulai mobil.
Ia juga memiliki lebih dari sirkuit perlindungan panas. Karena suhu di dalam CAR sudah tinggi. Terutama ketika itu cerah dan tidak udara dingin. Jika volume terlalu keras. Mungkin terjadi sampai suhu kerusakan sirkuit.
Untuk melindungi. perangkat semikonduktor. sehingga membutuhkan sirkuit temperatur yang lebih tinggi bekerja di atasnya. Ketika suhu turun, sehingga terus bekerja secara normal.
. Ini prinsip kerja
Bagian pentingnya rangkaian ini adalah lebar pulsa modulasi IC - LM3524. Lengkap DC ke DC converter circuit seperti pada Gambar 1 
ini IC3-LM3524 bertindak frekuensi beralih generator untuk listrik MOSFET Q1-Q4. Dengan telah IC4 dan IC5 adalah rangkaian penyangga. Frekuensi osilasi ditentukan oleh R7 dan C2 yang tinggi kali ganda dari frekuensi switching. Gambar 1 Rangkaian dari DC ke DC converter 12V ke + /-40V menggunakan LM3524
circuit-of-dc-to-dc-converter-12v-to-40vusing-LM3524
Output dari IC3 memiliki 2 fase berlawanan. ke output bekerja sebagai push-pull bentuk.
Dalam rangkaian penyangga antara IC4 dan IC5 dengan 4 gerbang digital sejajar bersama, cukup untuk pengemudi MOSFET. Yang MOSFET daya setiap sisi sejajar dari 2 pcs. terhadap kenaikan arus tinggi. ada resistor 56 ohm terpisah dari setiap gerbang untuk sama-sama beralih, dipisahkan gerbang tapi bekerja secara bersamaan. Dioda dan dioda zener terhubung antara gerbang pin dan menguras melindungi lebih dari tegangan ke pin Ditjen mosfet.
Kekuatan MOSFET Q1, Q2 dan Q3, Q4 akan beralih bekerja untuk memberikan arus ke N1 dan N2 kumparan secara berurutan. Yang kumparan primer transformator T1.
Kumparan N3, N4 adalah sekunder. Yang memiliki jumlah gilirannya daripada kumparan primer untuk meningkatkan tegangan naik. Kemudian melalui jembatan penuh penyearah gelombang sirkuit D6, D8 dan filter untuk kelancaran oleh output kapasitor untuk mendapatkan tegangan DC + / - 40V.
The DCV dari output adalah makan kembali ke R19, VR3 datang ke IC3 untuk mengontrol lebar pulsa untuk mengontrol switching, membuat A stabil (DC) tegangan.
The IC1-LM334Z bertindak untuk memeriksa pekerjaan suhu bersama dengan IC2 / 1 untuk memotong pengoperasian IC3, ketika suhu lebih tinggi dari Gergaji. yang memiliki VR1 ditentukan. Dan IC2 / 2 tindakan operasi bila tegangan baterai yang lebih rendah daripada Gergaji yang ditentukan oleh VR2.
Kapasitor C4 dan Diode bertindak D3 sebagai sistem start lunak untuk sebagian mulai pengoperasian rangkaian.
Berikutnya, kita lihat transistor Q5 dan Q6 adalah sirkuit untuk dikendalikan bekerja lebih, dan bertindak on-off kerja sirkuit yang tinggi saat ini.
Kumparan L1, L2 dan L3 digunakan untuk melindungi frekuensi tinggi dari sirkuit ke bagian lain.
Bagaimana membangun proyek ini.
Gambar 2 PCB dan tata letak komponen yang harus menggunakan sangat banyak kehati-hatian tersebut.
T1 dan L1, L2, L3 adalah bagian utama yang harus menggunakan perhatian besar.
L3 koil: Winding diameter kawat 1,25 mm. Panjang 1,5 m. pada toroidal inti ukuran 24mm X 15mm. X 10mm.pada 27 putaran.
L1 dan L2: gunakan berliku diameter 1mm. Panjang 2 m. toroidal inti ukuran 22mm. x14 mm. x8 mm. pada 37 ternyata Penggunaan transformator T1 EI inti ferit ukuran 50mm x 42mm x 15 mm. (EI 50) dengan EI plastik transformator kumparan seperti yang ditunjukkan Gambar 3 S singkatan "start" dan F dari "selesai" berarti akhir.Nomor Hgaitgai mengacu pada satu set coils.
menunjukkan bagaimana--to-bind-t1-transformator-dan-l1-l2-l3-coil
Gambar 3 menunjukkan bagaimana untuk mengikat T1-trafo dan L1, L2, L3 coil
Mulai di kumparan primer menggunakan berliku diameter kawat 1,25 mm. Setiap kumparan kawat dua baris. dan, bing bersama dengan kumparan kedua, dan kemudian mengikat dan 4 baris, 5 sekitar separuh. Kemudian mengikat dengan isolasi milar ribuan sekunder kumparan berikutnya.
Sekunder kumparan menggunakan kawat berkelok-kelok yang sama ukurannya. (1,25 mm). Sisi ini menggunakan kawat tunggal Tapi mengikat bersama dua kumparan, yang mengikat bersama-sama dua baris seperti Gambar 20 putaran, kemudian tarik ke ujung titik seperti Gambar 4, isolasi kemudian dibungkus lagi.
Berikutnya Rub akhir seluruh kawat, mudah untuk solder. Dan cek dengan ohm meter untuk kepastian. Kemudian solder konektor semua. Selanjutnya, terpaku tahan panas dengan baik. Gambar 2 layout PCB dan tata letak komponen.
the-pcb-dan-semua-komponen-layout-of-dc-to-dc konverter-
Gambar 2 menunjukkan layout PCB dan menempatkan semua transistor Q1 ke Q4 dan dioda D6 ke D8 harus menginstal heatsink yang tepat dan memiliki Isolasi sebagai perlindungan hubung singkat.
IC1 adalah sensor suhu harus menginstal di Power MOSFET.
Bagaimana mengatur sirkuit
Titik utama yang harus disesuaikan dengan 3 poin Titik pertama VR3 menyesuaikan tegangan output untuk + / - 40V. Di mana penyesuaian pertama untuk menyesuaikan VR1 searah jarum jam sampai berhenti. dan VR2 rotasi searah jarum jam dengan pertama.
VR2 Gunakan untuk menyesuaikan tegangan rendah baterai. Harus ditetapkan ke 11.5V dengan menggunakan tegangan listrik disesuaikan bukannya 11.5V baterai. Disediakan untuk converter kemudian menggunakan output mengukur voltmeter. Sesuaikan VR2 searah jarum jam sampai tegangan output adalah sekitar 0V.
VR1 menyesuaikan suhu melebihi memotong. Ditetapkan sebagai suhu di 95 derajat Celcius. Dengan pemeriksaan tegangan R1.How untuk menghitung suhu lingkungan pada waktu itu 273 (. Suhu Absolute) kemudian dikalikan dengan tegangan Referensi dari IC3 di pin 16, kemudian dibagi dengan 368 untuk dibagi tegangan dalam kisaran 4 - 5 volt. Untuk menyesuaikan VR1 sampai tegangan di R1 sama dengan tegangan dihitung.
Untuk titik jauh Anda mungkin terkenal. Pada titik ini di atas - listrik mati atau mematikan amp itu sendiri.Menggunakan metode ini. Karena konsumen sirkuit arus hingga 15A (max jika pekerjaan tersebut rata-rata 2-3A). Yang membutuhkan saklar sangat besar, kabel dan besar, yang jauh ketika terhubung ke listrik positif ON proyek.
Cara menggunakan banyak amplifier tegangan
Jika membawa DC ke DC converter untuk menggunakan seri amplifier lain ketika suplai tegangan yang sama.Tetapi jika tegangan yang berbeda jumlah perubahan pasokan siklus sekunder. coil Misalnya Jika tegangan suplai + /-27V = 15,5 bergantian, + /-50V = 21,5 bergantian.
Dan Meningkatkan laju menahan tegangan kapasitor yang arus keluaran filter. 
Dan memodifikasi R19 dengan menghitung tegangan R18 = 2V
Komponen Daftar 
Resistor 1/4W 5%
R1, R7____12K _____ 2 pcs.
R2, R6, R10, R11, R12, R13, R20, R22, R23___10K_____9 pcs.
R3______6.8K_____1 pcs.
R4______1K_______1 pcs.
R5______15K______1 pcs.
R8______1.5K______1 pcs .
R9, R21___100K_____2 pcs.
R14, R15, R16, R17__ 56 ohms___4 pcs.
R18______22K_____1 pcs.
R19______360K____1 pcs.
Capactors
C1, C3, C10, C13, C16__0.1uF 50V__Ceramic___ = 5 pcs.
C2___0.001uF 100V poliester ___ 1 pcs.
C4___2.2uF 16V_____1 pcs.
C5___2200uF 25V electrolyte___1 pcs.
C6-C9___470pF 100V ceramic___4 pcs.
C11, C14__1, 000 UF 50V electrolyte___2 pcs.
C12, C15___2, 200uF 50V______2 pcs.
C17___100uF 25V___electrolyte__1 pcs.
Semikonduktor
D1-D5, D10, D11___1N4148______7 pcs.
D6-D9____BYW29__________4 pcs.
ZD1, ZD2___Zener 30V 0.5W___2 pcs.
Q1-Q4_____MTP16N05_______4 pcs.
Q5__BC547___ 45V 100mA NPN Transistor___1 pcs.
Q6____BD682____PNP Daya Transistor____1 pcs.
IC1____LM334Z__3-Terminal Adjustable Sources___1pcs Saat
Penguat Operasional IC2____LM358___Dual ___ 1 pcs.
IC3____LM3524__Regulating Pulse Width Modulator___1pcs.
IC4, IC5____MC14049____Hex Buffer CMOS____1pcs.
Lainnya
T1 melihat teks
L1, L2, L3 melihat teks.
VR1___470 ohms___potentiometer
VR2, VR3___4.7K______Potentiometer
15A F1-Fuse,
Socket 8,16 pin
dll ....
Catatan: Proyek ini hanya cocok untuk memahami tentang CAR DC ke DC converter yang dipasang di dalam mobil alway tinggi power amplifier. Jika Anda ingin membangun proyek ini harus terampil membangun karena kita tidak bisa menjamin bahwa sistem ini bekerja dengan baik. 

No comments:

smps gacun on board

بسم الله الرحمن الرحيم anda ingin merangkai smps gacun yang double FET?kali ini saya ingin berbagi skema & layout smps gacun yg r...